ivansini-jakarta-manfaat-yoga-ibu-hamil-tips

Saat ini, olahraga Yoga mulai banyak digandurungi oleh berbagai kalangan. Mulai dari remaja, pria dan wanita dewasa, hingga ibu hamil pun sudah mulai banyak melakukan olahraga yoga ini sebagai bagian dari rutinitas mereka. Yoga merupakan seni olah jiwa dan raga yang berkaitan dengan pengendalian pikiran, pernapasan, dan latihan fisik. Tujuan dari melakukan yoga itu sendiri adalah untuk menenangkan pikiran, menghilangkan rasa stress, dan memberikan rasa nyaman pada pikiran orang yang melakukannya.

Bagi ibu hamil, melakukan kegiatan yoga kehamilan ( biasa disebut dengan prenatal ) sangat baik untuk dilakukan. Pasalnya selama masa kehamilan banyak perubahan-perubahan yang ibu rasakan. Perubahan fisik, fisiologi, emosional, hingga perubahan psikologis yang seringkali membuat para ibu hamil tidak nyaman. Jika ketidaknyamanan tersebut terus menerus didiamkan dan menjadi beban pikiran bagi para ibu, maka efeknya pun dapat berimbas pada janin yang sedang dikandungnya. Tentu saja para ibu tidak ingin hal ini terjadi bukan?. Berikut manfaat yang bisa ibu dapatkan dari melakukan yoga prenatal ini;

  • Menghilangkan stress

Tidak jarang ibu hamil mengalami stress pada masa kehamilannya. Hal ini disebabkan oleh berbagai perubahan yang dialami sang ibu selama masa kehamilan. Salah satu cara menghilangkan stress pada ibu hamil yang terbilang ampuh adalah dengan melakukan yoga.   Kegiatan ini melatih tingkat kefokusan, melatih pernafasan, serta melatih control diri. Dengan mengolah pernafasan dengan baik, maka tubuh kita akan terpenuhi oleh energy yang baik pula, sehingga dapat membuat pikiran ibu terjaga dengan baik dan tidak mudah terserang stress.

  • Baik untuk kesehatan Ibu dan calon buah hati

Salah satu yang menjadi problematika ibu hamil mudah sakit adalah karena selama masa kehamilan sang ibu merasa mual dan menyebabkan hilangnya nafsu makan. Rasa mual ini disebabkan oleh perubahan hormon dan metabolism didalam tubuh ibu hamil. Namun jika hal ini dibiarkan terus menerus menyebabkan sang janin akan kekurangan nutrisi yang seharusnya dibutuhkan. Untuk mengatasinya, ibu dapat melakukan kegiatan meditasi yoga yang dipercaya bisa meringankan rasa mual tersebut.

Selain menghilangkan rasa mual, dengan rutin melakukan yoga dapat meningkatkan imun kekebalan tubuh, sehingga ibu hamil tidak mudah jatih sakit.

  • Sebagai persiapan persalinan

Dengan terbiasa melakukan yoga, maka terbiasa pula ibu hamil mengatur pola nafasnya yang dapat mengurangi rasa nyeri saat kontraksi persalinan nanti.

  • Mengurangi rasa tidak nyaman

Rasa sakit di bagian punggung, merasa pegal-pegal adalah hal umum yang dialami oleh ibu hamil. Masalah tersebut dapat di minimalisir dengan melakukan beberapa pose yoga yang sesuai.

Dengan demikian, melakukan kegiatan prenatal yoga tidak hanya berguna untuk ibu hamil namun manfaatnya dapat dirasakan oleh sang janin pula. Kegiatan prenatal yoga ini dapat dilakukan pada trimester kedua, namun bagi ibu yang sudah terbiasa melakukan yoga sebelumnya dapat melakukannya lebih awal yakni pada trimester pertama. Namun, dalam melakukan prenatal yoga ini tetap perlu dalam pengawasan ahlinya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

© Copyright IVANSINI 2017. By accessing this website, you agree to this disclaimer.

24/7 CALL CENTER    +62-21 3192 2005