4-pertanda-akan-terjadinya-kehamilan

Delapan bulan mengandung telah berlalu. Sudah siapkah Bunda melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu melakukan persalinan?

Disaat sudah memasuki ke penghujung masa kehamilan, ada berbagai hal yang patut Bunda perhatikan, khususnya perihal proses kehamilan yang akan Bunda lakukan di waktu dekat. Bunda juga akan perlu menyimpan banyak tenaga karena proses persalinan dapat berlangsung selama satu hari penuh.

Maka itu, ada baiknya bagi Bunda untuk mengetahui beberapa gejala-gejala yang akan Bunda alami di masa-masa terakhir kehamilan yang juga dapat menjadi pertanda bahwa Bunda akan segera melahirkan yang akan kami bahas berikut ini:

Kontraksi

Ketika Bunda mulai merasakan dan mengalami kontraksi yang rasanya seperti keram disaat menstruasi disertai rasa sakit di punggung yang kerap muncul dan hilang, besar kemungkinan bahwa Bunda akan segera melahirkan. Disaat hal ini terjadi, hal pertama yang perlu Bunda lakukan adalah mencatat berapa lama kontraksi berlangsung dan setiap berapa waktu kontraksi tersebut terjadi. Oleh sebab itu, Bunda perlu untuk memiliki buku catatan atau telefon genggam di jangkauan Bunda.

Kontraksi yang akan Bunda alami ini biasanya akan muncul setiap 10-15 menit atau kurang, dan jika terjadi secara konsisten setiap lima menit, Bunda perlu segera ke rumah sakit atau menghubungi penyedia jasa kesehatan.

Air ketuban pecah

Bunda bisa mengalami air ketuban pecah jika proses melahirkan benar-benar akan berlangsung diwaktu yang singkat. Disaat air ketuban pecah, Bunda akan mengalami rasa seperti mengompol; dimana cairan ketuban akan keluar dari alat kelamin. Mungkin akan sulit bagi Bunda untuk membedakan air ketuban dengan urin dari bentuk, namun air ketuban pada umumnya tidak memiliki bau, tidak seperti urin. Jika air ketuban pecah, Bunda bisa menarik  nafas dalam-dalam kemudian keluarkan nafas dengan perlahan supaya Bunda tidak panik.

Merasa bertenaga secara tiba-tiba

Salah satu pertanda lainnya adalah disaat Bunda tiba-tiba merasa begitu bertenaga dan ingin beres-beres seisi rumah. Hal ini sering juga disebut sebagai insting nesting, dimana seorang wanita merasa merasa ingin menyediakan ‘sambutan’ terbaik bagi bayinya. Nesting ini tak hanya bisa terjadi pada manusia, namun juga oleh berbagai makhluk hidup mamalia lainnya. Sangat mudah untuk mengetahui jika hal ini terjadi kepada Bunda, karena selama Bunda mengandung, Bunda merasa sangat letih dan lemas namun disaat nesting terjadi, Bunda akan merasa sangat semangat dan fit secara tiba-tiba.

Keluarnya lendir dari alat kelamin

Disaat hamil, perut Bunda menciptakan lendir yang berfungsi untuk menjaga kandungan di dalam perut dari bakteri dan kotoran yang bisa masuk. Disaat hari melahirkan sudah dekat, lendir berbentuk cairan kental yang pada umumnya berwarna transparan, merah muda atau kadang tercampur dengan darah ini akan keluar secara sendirinya melalui vagina sebagai pertanda bahwa si kecil sudah ‘siap’ keluar dari perut Bunda.

Bunda patut siap dan siaga di hari-hari terakhir kehamilan demi menyambut datangnya si kecil ke dunia ini. Semoga artikel ini dapat membantu Bunda mengetahui tanda-tanda umum bahwa Bunda telah siap melakukan persalinan!

© Copyright IVANSINI 2017. By accessing this website, you agree to this disclaimer.

24/7 CALL CENTER    +62-21 3192 2005