mitos-kehamilan-yang-umum-dr-ivan-sini

Selama mengandung sembilan bulan, Bunda pasti pernah bertemu dengan orang-orang yang memiliki niat baik untuk membantu Bunda.

Orang-orang kerap berniat baik menolong ibu hamil dengan memberi tempat duduk di transportasi umum, menanyakan kabar dan perasan Bunda selama mengandung, hingga memberi masukan-masukan maupun memberitahu mitos seputar kesehatan dan kehamilan. Namun, pernahkah Bunda mendengar kata-kata seperti ‘Kalau sering dengar musik klasik nanti bayinya jadi pintar’?

Jika ya, sudah tahukah Bunda apa jawaban yang sesungguhnya?

Di artikel kali ini, kami akan membahas 5 mitos-mitos yang sering dikatakan orang-orang tentang kehamilan dan apakah mereka benar adanya atau hanya mitos belaka:

Mitos: Mendengarkan musik klasik dapat membuat bayi menjadi pintar

Fakta: sebetulnya yang mempengaruhi kepintaran, perilaku dan sikap bayi Bunda kelak nantinya bukanlah secara spesifik genre musik klasikal yang bunda dengar, melainkan setiap hal yang Bunda alami setiap harinya saat mengandung sembilan bulan. Apa maksudnya? Jika Bunda tinggal di lingkungan yang tenang, aman dan tentram, kemungkinan Bunda akan memiliki bayi yang sudah terbiasa dengan lingkungan yang tenang, aman dan tentram pula. Sebaliknya, jika Bunda tinggal di tempat yang ramai, gaduh dan sibuk, bayi Bunda akan terbiasa dengan tiga hal tersebut nantinya.

Mitos: Bunda tidak boleh mewarnai rambut saat hamil

Fakta: Memang zat-zat kimia yang terdapat pada cat rambut dapat diserap oleh kulit Bunda, namun zat-zat tersebut tidaklah sampai ke titik dimana mereka dapat membahayakan kesehatan Bunda dan kandungan Bunda. Oleh sebab itu, pemakaian cat pada rambut menurut penelitian terbatas aman untuk Bunda lakukan. Hanya sedikit zat kimia yang akan Bunda serap saat menggunakan cat rambut dan zat tersebut tidak akan sampai ke kandungan Bunda.

Mitos: Bunda tidak boleh naik pesawat saat sedang hamil

Fakta: mungkin mitos ini muncul karena adanya rasa khawatir atau concern akan ‘radiasi’ yang dipancarkan oleh berbagai hal di bandara dan pesawat seperti scanner atau tekanan udara dapat membahayakan sang bayi. Sebetulnya, Bunda masih bisa bepergian dengan menggunakan pesawat karena radiasi dan tekanan tersebut tidaklah sampai di titik yang dapat menyebabkan janin dalam perut Bunda. Hanya saja, jika kehamilan sudah memasuki minggu ke-28, Bunda akan butuh ijin dari dokter terlebih dahulu dan pastikan pula Bunda membawa segala hal yang dibutuhkan disaat penerbangan.

Mitos: Bunda tidak bisa berolahraga saat hamil

Fakta: salah besar. Justru dengan berolahraga, kandungan dalam perut Bunda juga dapat berkembang dengan baik. Bunda juga dapat mengurangi resiko keguguran dengan melakukan olahraga, dimana Bunda menurunkan tingkat lemak yang ada pada tubuh dan juga meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Bunda juga dapat meningkatkan darah yang terpompa ke dalam otak dan jantung sehingga Bunda akan merasa lebih segar dan fresh.

Mitos: Bunda harus makan sebanyak porsi dua orang saat hamil

Fakta: salah. Bunda tidak perlu menambah jumlah porsi yang Bunda makan, namun Bunda akan membutuhkan lebih banyak gizi yang masuk saat mengonsumsi makanan. Bunda bisa mencegah makanan dengan gizi yang rendah seperti junk food dan mulai memakan makanan yang mengandung gizi yang tinggi seperti buah-buahan dan sayur-mayur. Bunda juga hanya perlu mengkonsumsi ekstra 200 kalori saat mengandung, itupun disaat sudah memasuki trimester ketiga.

Lima hal diatas merupakan salah satu dari sekian banyak mitos yang mungkin pernah Bunda dengar dari orang sebelumnya. Kini, Bunda sudah tau fakta dari hal-hal tersebut sehingga jika mendengar saran dari seseorang Bunda bisa cek dan ricek sebelum percaya. Yuk stay healthy, Bunda!

© Copyright IVANSINI 2017. By accessing this website, you agree to this disclaimer.

24/7 CALL CENTER    +62-21 3192 2005