mitos-tentang-kehamilan-betul-atau-salah-ivan-sini

Memang ada begitu banyak mitos-mitos unik seputar kehamilan tak banyak orang awam ketahui faktanya.

Namun, Bunda tidak perlu repot-repot mencari kebenaran dari mitos-mitos tersebut dengan menghubungi para dokter, karena kami akan kembali membahas lima mitos tentang kehamilan yang seringkali diucapkan oleh berbagai orang dan mungkin Bunda telah dengar sebelumnya.

Jika di bagian pertama artikel ini telah membahas tentang mitos-mitos seperti mendengarkan musik klasik dapat membuat bayi menjadi pintar, Bunda tidak boleh naik pesawat saat sedang hamil, Bunda tidak bisa berolahraga, dan bunda harus makan sebanyak porsi dua orang, di artikel ini telah kami rangkum lima mitos-mitos yang seringkali diucapkan kepada wanita hamil dan fakta dibelakangnya:

Bunda bisa menebak-nebak jenis kelamin kandungan

Fakta: jika Bunda pernah mendengar mitos-mitos seperti letak kandungan, besar payudara, jenis makanan yang Bunda idamkan, atau bahkan jumlah detak jantung dapat menentukan jenis kelamin kandungan Bunda, hal-hal tersebut hanyalah sebatas mitos. Jika Bunda menggunakan cara di atas dan berhasil menebak jenis kelamin dalam kandungan, besar kemungkinan Bunda hanya kebetulan saja. Cara yang paling efektif untuk mencari tahu jenis kelamin dalam kandungan adalah dengan melakukan USG setelah minggu ke-16 kehamilan, atau dengan menunggu kelahiran.

Memakan makanan pedas dapat menyebabkan kebutaan atau kematian pada bayi

Fakta: salah. Memakan makanan pedas tidaklah membahayakan bagi kandungan di dalam perut, namun dapat menyebabkan heartburn atau rasa panas di perut dan dada secara berlebihan. Hal ini disebabkan oleh naiknya asam lambung ke dalam tenggorokan dan menyebabkan rasa dan sensasi panas pada perut dan dada. Jadi, jika Bunda suka memakan makanan pedas, Bunda tidak perlu khawatir. Namun, Bunda juga perlu ingat untuk tidak memakan terlalu banyak makanan pedas karena dapat menyebabkan diare dan seperti yang disebutkan sebelumnya, heartburn.

Morning sickness hanya dapat terjadi di pagi hari

Fakta: mungkin kata ‘morning’ dapat membingungkan kebanyakan orang, namun sebenarnya gejala mual-mual dan rasa ingin memuntahkan makanan yang dikenal sebagai morning sickness ini dapat terjadi kepada wanita hamil kapan saja, bahkan disaat sedang tidur sekalipun. Hanya saja, memang bagi sebagian wanita gejala ini lebih sering terjadi di pagi hari disaat baru bangun tidur. Hal ini disebabkan oleh perut Bunda yang kosong setelah semalaman tidur, sehingga rasa ingin muntah dan pusing-pusing akan sering muncul di pagi hari.

Bunda dilarang minum kopi disaat mengandung

Fakta: lebih tepatnya Bunda dilarang mengkonsumsi kafein lebih banyak dari jumlah yang dianjurkan. Bunda hanya boleh mengkonsumsi 200 miligram kafein setiap harinya. Namun, perlu Bunda ingat bahwa kopi bukanlah satu-satunya makanan/minuman yang mengandung kafein, sehingga Bunda harus berhati-hati dalam menghitung jumlah kafein yang dapat Bunda konsumsi setiap harinya. Makanan seperti dark chocolate dan eskrim terkadang memiliki kandungan kafein didalamnya, oleh sebab itu Bunda akan dianjurkan untuk tidak meminum sama sekali.

Bunda dilarang memelihara kucing atau hewan berbulu saat hamil

Fakta: sebuah riset di Amerika Serikat menemukan bahwa tidak ada masalah bagi Bunda hamil yang ingin menyentuh kucing disaat hamil, namun yang perlu Bunda perhatikan adalah kotoran dari hewan-hewan tersebut. Kotoran hewan peliharan merupakan tempat tinggal bagi bakteri Toxoplasma gondii sehingga Bunda sama sekali tidak boleh memegang kotoran hewan saat mengandung. Namun, tidak ada salahnya jika Bunda ingin berjaga-jaga agar lebih aman dengan menitipkan segala hewan peliharan berbulu selama lagi mengandung.

© Copyright IVANSINI 2017. By accessing this website, you agree to this disclaimer.

24/7 CALL CENTER    +62-21 3192 2005