tips-mengatasi-varises-saat-hamil-dr-ivan-sini

Semasa kehamilan, volume darah seorang wanita dapat meningkat berkali lipat, namun di sisi lain tingkat aliran darah yang mengalir dari kaki ke panggul mengurang derastis.

Hal ini dapat memberikan tekanan lebih terhadap pembuluh darah, yang nantinya dapat menyebabkan varises. Varises adalah pembuluh darah yang membesar dan pada umumnya muncul pada bagian kaki seperti betis dan paha. Di masa kehamilan, varises juga bisa muncul di bagian bokong dan sekitar vagina seorang ibu hamil.

Salah satu faktor utama penyebab varises saat kehamilan adalah meningkatnya hormon progesteron yang dapat menyebabkan dan bahkan membuka pembuluh darah di sekitar kulit. Meski pada umumnya tidak berbahaya, varises dapat menyebabkan gatal-gatal dan bahkan menurunnya kepercayaan diri. Oleh sebab itu, yuk kita cari tahu cara-cara untuk mencegah dan mengatasi varises disaat kehamilan:

Cegah berdiri dan duduk terlalu lama.

Dengan berdiri dan duduk dengan posisi yang sama selama berjam-jam, Bunda akan meningkatkan kemungkinan munculnya varises pada bokong dan paha. Pastikan Bunda berganti posisi setiap beberapa saat untuk menjaga darah tetap mengalir ke seluruh tubuh.

Jangan gunakan high heels.

Saat kehamilan, tak hanya Bunda harus menopang berat badan Bunda, Bunda juga akan perlu menopang berat badan bayi dalam kandungan. Dengan menggunakan sepatu high heels, Bunda dapat menyakiti otot-otot dan urat nadi pada betis Bunda, sehingga sangat disarankan bagi Bunda untuk menggunakan flat shoes maupun sepatu yang lebih nyaman.

Jangan mengejan terlalu keras.

Mengejan secara berlebihan dapat mengakibatkan munculnya wasir, yaitu varises pada lubang dubur yang menyakitkan. Konsumsi makanan yang mengandung serat seperti kacang-kacangan, bayam dan brokoli.

Naikkan kaki ke atas saat tidur/istirahat.

Saat berbaring, pastikan Bunda menaikkan kedua kaki Bunda dan mengganjalnya dengan bantal agar kedua kaki Bunda tetap berada di posisi lebih tinggi dari jantung. Tujuannya adalah untuk menjaga sirkulasi darah tetap baik dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah di kaki.

Gunakan stocking kehamilan.

Stocking kehamilan dapat memberikan tekanan atau pressure yang cukup pada kedua kaki Bunda, dimana sama halnya seperti menaikkan kaki Bunda disaat berbaring, stocking kehamilan dapat membantu sirkulasi darah yang berasal dari kaki menuju ke jantung. Namun, pastikan Bunda menggunakan stocking kehamilan yang tidak terlalu ketat yang justru menghentikan sirkulasi darah.

Cara lain bagi Bunda untuk mencegah dan mengatasi varises antara lain adalah dengan tidak duduk bersila, tidur dengan posisi badan miring ke kiri, konsumsi banyak air dan sayuran berserat, dan kurangi konsumsi asupan garam yang dapat melebarkan pembuluh darah. Selain itu, Bunda juga bisa berolahraga agar sirkulasi darah tetap berjalan dengan baik, namun konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Bunda. Serta, cegah segala jenis pengobatan, operasi maupun zat kimia yang dapat ‘menghilangkan’ varises khususnya disaat Bunda sedang hamil maupun menyusui.

© Copyright IVANSINI 2017. By accessing this website, you agree to this disclaimer.

24/7 CALL CENTER    +62-21 3192 2005