ivansini-kehamilan-jakarta-tips-wanita-lifestyle-kesehatan-06

Memasuki bulan ke empat kehamilan, tentu perkembangan janin dalam tubuh ibu semakin signifikan. Perkembangan yang meliputi pembentukan bagian-bagian tubuh semakin jelas terlihat dan semakin sempurna bentuknya. Tidak hanya perubahan pada janin saja, namun perubahan-perubahan pada tubuh ibu pun juga nampak semakin jelas. Perubahan mulai dari ukuran tubuh yang membesar, tangan kaki yang mungkin nampak membengkak, mulai terbiasa dengan kondisi kehamilan, hingga pergerakan ibu yang mulai terbatas. Dengan kondisi-kondisi seperti ini, ibu sangat perlu memperhatikan hal-hal apa saja yang baik untuk dilakukan serta dihindari selama menjalani kehamilan di trimester kedua ini.

– Memperhatikan asupan makanan
Ketika ibu telah melewati trimester pertama kehamilan, biasanya gejala seperti mual dan muntah yang menyebabkan hilangnya nafsu makan pada ibu sudah berkurang. Sehingga ibu dapat lebih menikmati berbagai jenis makanan pada trimester kedua ini. pilihlah makanan-makanan yang bergizi tinggi dan kaya akan nutrisi guna memenuhi kebutuhan gizi ibu dan terutama sang janin.

– Tetap berolahraga
Menjalani aktifitas berolahraga selama masa kehamilan berlangsung sangat baik untuk ibu. Disamping dapat membuat tubuh ibu tetap sehat dan bugar, berolahraga juga dapat membuat pikiran ibu rileks dan membuang stress. Mengikuti kelas senam kehamilan sangat disarankan karena sekaligus dapat mempersiapkan proses persalinan kelak.

– Menghindari aktifitas yang berat
Seiring terus berlangsungnya proses kehamilan, tubuh ibu tentu saja berbeda kondisinya dengan sewaktu sebelum menjalani kehamilan. Pada trimester kedua ini, janin yang ada dalam kandungan ibu juga tumbuh semakin membesar. Sehingga menghindari aktifitas yang berat seperti mengangkat beban yang berat, mendorong / menarik beban yang berat, serta olahraga jogging yang terlalu lama. Hal-hal tersebut dapat membuat janin merasa tertekan dan mengancam kondisi bayi dalam perut ibu.

– Merawat payudara ibu
Pada trimester kedua, perubahan pada payudara ibu akan jelas nampak terlihat. Ukuran payudara ibu akan lebih besar dibandingkan sebelumnya. Gunakan ukuran bra yang sesuai agar tidak mengganggu aktifitas sehari-hari ibu. Selain itu, payudara ibu dalam proses mempersiapkan produksi asi untuk makanan utama sang bayi, maka sangat penting bagi ibu untuk merawat payudaranya seperti rajin membersihkan, memijit-mijit dengan lembut, agar produksi asi lancar.

– Tinggalkan sepatu bertumit tinggi
Beberapa ibu mungkin terbiasa mengenakan alas kaki bertumit tinggi, hingga pada saat menjalani masa kehamilan sulit untuk tidak mengenakannya. Akan tetapi penggunaan sepatu berhak tinggi dapat memberikan beberapa resiko buruk bagi ibu seperti kaki bengkak, kram, sakit punggung, dan resiko terjatuh saat bejalan akibat berkurangnya keseimbangan tubuh. Berdasarkan Daily Mail, hasil survey dari 1.000 wanita hamil 45 persen mengalami kaki bengkak, 37 persen bengkak di pergelangan kaki, dan 16 persen menderita nyeri tumit selama masa kehamilan. Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan untuk menggunakan alas kaki yang nyaman dan tidak berisiko membahayakan ibu dan sang calon bayi.

– Istirahat yang cukup
Perkembangan kehamilan yang terus menerus berkembang menyebabkan tubuh ibu juga semakin cepat merasa lelah. Hal ini juga merupakan pengaruh dari perubahan hormone dalam tubuh ibu. Segeralah beristirahat jika tubuh dirasa sudah letih dan miliki jadwal istirahat yang cukup dan teratur demi kebaikan kesehatan ibu dan janin. Pada usia kehamilan trimester kedua ini juga disarankan untuk mengambil posisi tidur miring ke kiri agar tidak mengganggu aktivitas janin.

Demikian beberapa tips untuk menjalankan masa kehamilan di trimester kedua. Selain mengikuti tips yang ada, jangan lupa untuk terus berkonsultasi dengan dokter kandungan terpercaya anda untuk informasi yang lebih detil.

© Copyright IVANSINI 2017. By accessing this website, you agree to this disclaimer.

24/7 CALL CENTER    +62-21 3192 2005