hamil-atau-tambah-gendut-dr-ivan-sini

“Apakah saya sudah hamil atau hanya naik berat badan saja?”

Pertanyaan tersebut mungkin menjadi pertanyaan yang sangat serius di kuping Bunda apalagi jika Bunda merasa perut semakin membesar daripada biasanya. Ditambah lagi jika Bunda memang sedang ingin punya momongan dan sedang sibuk akhir-akhir ini sehingga tidak bisa mengontrol konsumsi makan maupun jarang berolahraga.

Cara yang paling gampang dan pasti untuk mencari tahu apakah Bunda sedang hamil atau hanya naik berat badan sebenarnya adalah dengan menggunakan test pack, tetapi jika Bunda masih belum siap atau hanya sekadar penasaran, Bunda bisa sekadar mencari-cari info mengenai tanda-tanda kehamilan misalnya di internet.

Oleh sebab itu, mari kita cari tahu apakah Bunda tengah mengalami kehamilan atau hanya sedang mengalami kenaikan berat badan:

Bunda bisa saja sedang hamil jika mengalami:

Mual-mual, sembelit, rajin buang air kecil, rasa sakit dan pegal pada punggung, rasa pusing yang muncul secara tiba-tiba, kelelahan, pegal linu, mengidam makanan, rasa sakit di payudara dan pertanda yang paling jelas adalah perubahan pada puting susu dan munculnya bercak darah pada daerah kewanitaan saat bukan dimasa menstruasi.

Beberapa hal diatas merupakan sekian gejala-gejala umum yang biasanya dialami oleh wanita yang tengah hamil. Biasanya, wanita yang hamil juga akan merasa ‘sesuatu’ yang berbeda dan janggal dari dirinya. Namun, faktanya tidak semua wanita bisa mengalami gejala yang sama seperti yang disebutkan di atas, jadi Bunda juga perlu memperhatikan secara baik-baik pola makan dan perkembangan ukuran perut Bunda dari waktu ke waktu.

Bunda bisa saja hanya sedang naik berat badan atau kembung jika:

Merasakan perubahan bentuk pada perut.. dan juga di seluruh anggota tubuh lainnya seperti betis, leher, paha, pipi dan bagian tubuh lainnya. Banyak wanita akan mulai paranoid dan was-was jika perutnya mulai membulat apalagi saat kehamilan sedang benar-benar ditunggu-tunggu oleh satu keluarga. Namun, coba Bunda perhatikan cermin, apakah Bunda mengalami perubahan tak hanya di perut namun di sekujur badan pula? Jika ya, Bunda bisa saja hanya sedang mengalami kenaikan berat badan.

Jika Bunda masih tidak yakin, coba tanyakan diri Bunda sendiri: apakah Bunda merasa sedang sangat sering makan tak terkontrol? Apakah Bunda masih rajin berolahraga? Apakah Bunda sedang mengalami banyak kesibukan sehingga stress? Apakah Bunda baru saja memakan makanan yang mengandung banyak gas makanan yang dapat membuat kembung?

Memang, terkadang pertanda kehamilan dan sekadar kenaikan berat badan dapat mengelabui Bunda, dimana kedua hal tersebut membuat perut Bunda lebih besar. Namun, jika Bunda memperhatikan dan meneliti lebih lanjut, terdapat banyak perbedaan signifikan dari kehamilan dan kenaikan berat badan. Jika Bunda mengalami hal ini, yang bisa Bunda lakukan adalah tetap tenang dan jangan terburu-buru memberitahu semua orang, namun coba periksa terlebih dahulu dan jika diperlukan, konsultasikan dengan dokter.

© Copyright IVANSINI 2017. By accessing this website, you agree to this disclaimer.

24/7 CALL CENTER    +62-21 3192 2005