mengatasi-kelelahan-saat-kehamilan-dr-ivan-sini

Bunda sering merasa kelelahan disaat sedang mengandung?

Jangan kuatir, Bunda bukan satu-satunya orang yang mengalami hal tersebut, terlebih lagi jika ini adalah kehamilan pertama Bunda. Rasanya seluruh tubuh dari ujung kaki hingga kepala pegal-pegal dan lesu. Apakah kelelahan disaat kehamilan itu wajar? Ya. Apakah ada solusi untuk kelelahan yang Bunda alami? Tentunya, ya!

Sebelum beranjak lebih lanjut, Bunda perlu ketahui beberapa hal yang dapat menyebabkan kelelahan disaat mengandung, antara lain: hormon progesteron yang berlebihan, mual dan muntah, pembagian gizi ke janin, perubahan fisik pada perut dan payudara,  hingga hal-hal yang lebih umum seperti kurang tidur, stress, dan lainnya. Beberapa hal penyebab kelelahan ini bisa diatasi dengan melakukan hal-hal yang tepat, seperti:

Berolahraga secara teratur

‘Bukannya dengan berolahraga justru bikin tambah lelah dari biasanya?’, Bunda mungkin berpikiran seperti itu saat membaca list pertama ini. Namun, jangan salah! Olahraga memang dapat melelahkan jika dilakukan pada pertama kali, namun jika dilakukan dengan durasi, tempat, cara dan metode yang tepat, olahraga yang teratur dapat menambah stamina dan mengatasi kelelahan. Tak hanya itu, Bunda bisa mengurangi jumlah lemak dalam tubuh dan meningkatkan aliran darah ke dalam otak. Badan menjadi fit, sehat dan lebih berstamina.

Pintar memilih makanan

Disaat Bunda hamil, Bunda tidak hanya memberi nutrisi kepada diri Bunda saja, namun juga kepada janin Bunda. Saat Bunda telah ‘berbadan dua’, nutrisi yang Bunda terima juga harus ‘dua’. Konsumsi berbagai makanan sehat yang dapat menunjang hari-hari Bunda dan membantu pertumbuhan janin seperti sayur-sayuran, buah-buahan, susu murni, makanan rendah lemak dan gula dan lainnya. Jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji yang mengandung berbagai lemak jahat dan gula yang terlalu tinggi. Jika diperlukan, Bunda juga bisa mengkonsumsi suplemen untuk menutupi nutrisi yang diperlukan, namun sebelumnya minta rekomendasi dari dokter.

Banyak istirahat dan kurangi aktivitas

Mungkin Bunda adalah tipe orang yang suka melakukan banyak sekali aktivitas dan terkadang tidak sadar bahwa aktivitas yang Bunda lakukan dapat membuat Bunda letih. Di masa kehamilan, Bunda harus bisa mulai memprioritaskan hal-hal yang lebih penting terhadap kesehatan Bunda dan janin, yaitu beristirahat. Jangan paksakan melakukan kegiatan yang menguras banyak tenaga seperti berolahraga berat dan bekerja dari pagi hingga malam. Bunda bisa konsultasikan dengan dokter untuk menemukan solusi yang tepat untuk Bunda.

Minum air yang cukup

Dehidrasi merupakan salah satu penyebab kelelahan. Dengan meminum cukup air, Bunda dapat mencegah dehidrasi dan menjaga metabolisme dalam tubuh berjalan dengan baik.

Beberapa hal diatas bisa Bunda lakukan untuk mengatasi kelelahan disaat mengandung. Untuk solusi dan hasil yang lebih maksimal, konsultasikan dengan ahli nutrisi maupun dokter kehamilan Bunda. Selamat mencoba!

© Copyright IVANSINI 2017. By accessing this website, you agree to this disclaimer.

24/7 CALL CENTER    +62-21 3192 2005