atasi-morning-sickness-dengan-makanan-ini-dr-ivan-sini

Bunda sering mengalami pusing-pusing saat hamil di trimester pertama kehamilan? Itu berarti Bunda sedang mengalami morning sickness.

Namun, Bunda tidak perlu khawatir karena morning sickness wajar dialami oleh ibu hamil, khususnya di trimester pertama kehamilan.

Wajar memang, tapi terkadang Bunda pasti merasa tidak nyaman dengan adanya morning sickness, bukan? Rasa pusing yang seringkali pula disertai dengan rasa mual dan muntah tentunya sangat mengganggu keseharian seorang ibu hamil yang berusaha beristirahat atau melakukan aktivitas. Ya, morning sickness tidak hanya terjadi di pagi hari, namun juga bisa terjadi selama seharian, sehingga tentunya Bunda harus mencari cara untuk mengurangi morning sickness agar bisa beraktivitas dengan nyaman.

Berikut beberapa makanan yang wajib Bunda konsumsi selama kehamilan untuk mencegah dan mengurangi morning sickness:

Lemon

Buah lemon dipercaya dapat mengurangi rasa pusing berlebihan pada ibu hamil yang disebabkan oleh morning sickness. Bunda bisa mengkonsumsi buah lemon kapan saja, dimana saja dan dengan bentuk apa saja. Betul, buah lemon memang begitu efektif, sehingga Bunda bisa mengkonsumsi campuran perasan lemon dengan teh atau air hangat, lemonade, atau bahkan hanya sekedar mencium dan menjilat potongan buah lemon, dan morning sickness pun dapat berkurang bahkan hilang. Lemon dapat menyegarkan badan dan aromanya dapat membantu saraf Bunda merasa ter-relaksasi.

Crackers

Salah satu penyebab Bunda mengalami pusing di pagi hari adalah perut yang kosong selama Bunda tidur. Solusi simpel mengatasi hal tersebut adalah dengan menyiapkan crackers asin di kamar. Saat bangun, Bunda bisa langsung mengkonsumsi beberapa potong crackers untuk mengganjal rasa lapar yang dapat menyebabkan mual-mual. Kalori yang ada pada crackers dapat membantu Bunda tetap merasa sedikit kenyang, sehingga crackers merupakan snack tepat bagi ibu hamil. Bunda juga bisa membawa crackers kemanapun Bunda bepergian, misalnya di tempat kerja, transportasi umum, dan lainnya.

Makanan dengan kandungan asam folat

Asam folat berperan penting dalam perkembangan kandungan Bunda dan dapat mencegah defek pada bayi seperti spina bifida. Makanan dengan asam folat dapat Bunda temui pada makanan-makanan hijau seperti sawi, brokoli, kangkung dan lainnya. Kacang merah, kacang tanah dan kacang hijau juga dapat membantu Bunda mendapatkan zat asam folat yang cukup.

Dark Chocolate

Coklat hitam bisa jadi opsi untuk mengurangi mual-mual dan pusing yang Bunda alami. Rasanya yang begitu solid dan sedikit pahit justru dapat menenangkan saraf Bunda. Namun, jauhi coklat manis yang justru dapat menstimulasi saraf pengecap Bunda yang membuat Bunda semakin mual.

Beberapa makanan di atas wajib Bunda konsumsi untuk mengatasi morning sickness yang sangat mengganggu. Namun, ada beberapa makanan pula yang perlu Bunda cegah, karena justru beberapa makanan tersebut dapat membuat Bunda merasa semakin pusing dan mual. Beberapa makanan yang bisa Bunda cegah adalah makanan pedas, makanan berbau menyengat seperti durian, makanan berminyak dan makanan dengan rasa yang begitu tajam di lidah seperti coklat manis. Salah satu cara lain mencegah morning sickness adalah menjaga tetap terhidrasi dengan minum air putih yang cukup. Selamat mencoba!

© Copyright IVANSINI 2017. By accessing this website, you agree to this disclaimer.

24/7 CALL CENTER    +62-21 3192 2005