atasi-stres-berlebihan-saat-hamil-dr-ivan-sini

‘Apakah bayi saya akan kenapa-napa jika saya merasa stres?’

Jika Bunda khawatir akan keadaan emosional Bunda akan mempengaruhi perkembangan kandungan Bunda, perlu Bunda ketahui bahwa stres merupakan hal yang umum dialami oleh wanita hamil, khususnya bagi mereka yang baru pertama kali mengandung. Stres bisa disebabkan oleh hal-hal umum seperti tidak siapnya seorang wanita akan perubahan-perubahan fisik pada tubuh seperti mudah lelah, mual-mual, pusing, hingga perubahan hormon. Selain itu, stres juga bisa dipengaruhi oleh faktor-faktor di tempat lingkungan Bunda berada, seperti kondisi kantor, rumah tangga, dan lain sebagainya.

Stres bukanlah sesuatu yang sepele. Jika Bunda merasa stres sering mengganggu kehidupan Bunda, jangan dibiarkan begitu saja. Stres perlu diatasi, tentunya untuk menjaga Bunda memiliki kesehatan mental maupun fisik yang baik saat mengandung. Oleh sebab itu, telah kami rangkum beberapa hal yang bisa Bunda terapkan untuk mengatasi stres disaat mengandung:

Konsultasikan keadaan Bunda

Bukanlah suatu hal yang bijak jika Bunda membiarkan stres Bunda meracuni pikiran Bunda. Bunda tetap perlu mengatasi stres tersebut, dan tentunya Bunda berpikir bahwa sulit bagi Bunda untuk mengatasi ini sendirian. Oleh sebat itu, mulai dengan berkonsultasi dengan orang-orang terdekat Bunda. Ceritakan pada pasangan apa yang Bunda rasakan, namun pastikan beritahu dengan nada yang baik. Jangan membuat pasangan Bunda panik maupun kesal dengan pembawaan Bunda. Selain itu, Bunda bisa konsultasikan dengan sesama ibu hamil maupun sanak saudara yang Bunda percayakan. Tentunya jika Bunda perlu saran ahli, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, bidan maupun ahli gizi Bunda untuk mengatasi stres yang Bunda alami.

Jalankan pola hidup yang sehat

Salah satu penyebab munculnya stres adalah gaya hidup yang tidak sehat. Merokok, minuman alkohol, bahkan gosip dengan prasangka buruk juga dapat mengeruhkan pikiran Bunda, lho. Perbaiki pola hidup dan tentunya pola pikir yang Bunda miliki selama ini, dan pikirkan secara matang hal-hal baik apa yang bisa Bunda lakukan untuk memiliki kehidupan yang lebih sehat dan baik. Konsumsi makanan-makanan yang sehat seperti sayuran, kacang-kacangan, hingga daging yang diolah dengan baik. Pastikan juga lakukan olahraga ringan setiap hari selama 30 menit agar tubuh Bunda tetap fit, dan nantinya pikiran Bunda akan menjadi lebih cerah.

Fokus akan kehamilan Bunda

Tarik nafas dalam-dalam disaat Bunda merasa gelisah maupun stres. Salah satu alasan Bunda merasa pusing disaat hamil adalah kurangnya asupan oksigen dalam otak Bunda, sehingga menarik nafas dalam-dalam sebelum berkata-kata maupun melakukan aktivitas merupakan suatu hal yang bisa Bunda lakukan. Kemudian, pikirkan tentang keadaan si kecil dalam perut Bunda. Jangan memaksakan untuk melakukan begitu banyak hal, beri badan Bunda kesempatan untuk memberitahu Bunda untuk rileks.

Beberapa cara ini merupakan cara yang bisa Bunda segera lakukan jika merasa stres maupun mengalami kegelisahan besar. Jika Bunda merasa mengalami stres berkepanjangan setiap harinya bahkan setiap saat, jangan ragu untuk menghubungi pasangan, keluarga, hingga minta bantuan dari dokter. Jangan khawatir, dokter Bunda mampu membantu Bunda mengatasi rasa stres yang Bunda alami. Semoga membantu!

© Copyright IVANSINI 2017. By accessing this website, you agree to this disclaimer.

24/7 CALL CENTER    +62-21 3192 2005