bahaya-terlalu-berat-saat-hamil-dr-ivan-sini

Mungkin Bunda pernah mendengar atau membaca berbagai artikel seputar bagaimana memiliki badan dengan berat badan yang terlalu tinggi atau kegemukan dapat menimbulkan berbagai permasalahan bagi kehamilan.

Namun, tahukah Bunda bahwa memiliki badan yang terlalu kurus juga tidak baik bagi seorang wanita yang sedang berusaha atau tengah hamil? Ya, memiliki berat badan yang terlalu rendah juga dapat menimbulkan berbagai masalah bagi seorang wanita dan kandungannya.

Seperti yang telah Bunda ketahui, di saat Bunda tengah hamil, segala nutrisi dan asupan makanan yang Bunda konsumsi tidak hanya untuk tubuh Bunda saja, namun juga akan disalurkan dan didistribusikan secara sesuai kepada janin dalam kandungan Bunda melalui tali pusar. Untuk mengetahui jika Bunda memiliki berat badan yang terlalu rendah, pastikan Bunda memiliki indeks massa tubuh (IMT) di atas 18.5.

Untuk mencari indeks massa tubuh, bagikan berat badan Bunda dengan tinggi badan Bunda dikuadratkan (dalam meter). Misalnya, Bunda memiliki berat Badan 55 kilogram dengan tinggi badan 1.6 meter, berarti indeks massa tubuh Bunda senilai 21.48 (55kg/1.6m²). Untuk perhitungan yang lebih tepat sesuai dengan karakteristik tubuh dan pola hidup Bunda, konsultasikan dengan ahli gizi maupun dokter kandungan sebelum proses pembuahan berlangsung. Bunda akan di pandu untuk memiliki berat badan yang sesuai sebelum dan semasa kehamilan.

Sama halnya seperti menurunkan berat badan, berusaha untuk menurunkan berat badan juga bukanlah suatu hal yang mudah. Namun, ada beberapa hal yang bisa Bunda upayakan untuk menaikkan berat badan agar bisa memiliki berat badan yang seimbang demi memiliki proses kehamilan yang baik:

  • Atur pola makan yang baik. Konsumsi makanan dalam porsi kecil sebanyak 5-6 kali sehari demi menjaga dan memperbaiki metabolisme tubuh.
  • Konsumsi susu rendah lemak. Bunda juga bisa gunakan susu yang Bunda konsumsi ke makanan seperti omelet, sereal hingga oatmeal.
  • Sediakan snack-snack enak namun sehat yang bisa Bunda konsumsi di waktu senggang. Snack seperti kacang, crackers, biskuit, manisan buah, yogurt dan es krim bisa Bunda konsumsi untuk menaikkan berat badan Bunda.
  • Cegah konsumsi makanan dengan lemak jahat dan gula imitasi, perhatikan apa yang Bunda makan. Pastikan Bunda makan makanan dari tempat yang bersih
  • Olahraga yang teratur namun tidak terlalu berat.

Beberapa hal yang disebutkan di atas bisa Bunda lakukan tentunya sesuai dengan rekomendasi dokter. Memang bagi beberapa orang tidak mudah untuk bisa menaikkan berat badan, namun perlu Bunda ketahui bahwa dengan memiliki indeks massa tubuh yang sesuai, Bunda bisa mencegah berbagai defek dan hal-hal yang tidak Bunda inginkan kepada kandungan Bunda seperti kelahiran prematur, kelahiran bayi dengan berat badan rendah dan ukuran tubuh kecil hingga keguguran. Good luck!

© Copyright IVANSINI 2017. By accessing this website, you agree to this disclaimer.

24/7 CALL CENTER    +62-21 3192 2005