cara-tes-kehamilan-tanpa-test-pack-ivan-sini

Memulai kehamilan dengan sehat dapat membantu ibu hamil untuk memiliki sembilan bulan masa kehamilan yang mulus dan tanpa masalah. Semakin cepat Bunda bisa tahu bahwa Bunda sedang hamil, akan lebih baik. Menggunakan test pack memang merupakan cara yang paling efektif untuk mengetahui apakah Bunda sudah mengalami kehamilan atau belum, tetapi ada tanda-tanda yang bisa Bunda perhatikan sehingga Bunda bisa yakin untuk menggunakan test pack atau tidak.

Pertanda yang paling jelas terlihat mungkin adalah perubahan di siklus menstruasi. Di 6 sampai 12 hari setelah pembuahan, Bunda mungkin bisa melihat ada bercak darah, dimana embrio akan mulai tertanam di dinding rahim. Hal ini biasa dikenal sebagai pendarahan implantasi dan merupakan salah satu dari sekian pertanda awal dari kehamilan.

Setelah itu, siklus menstruasi Bunda akan berubah, dimana Bunda bisa mengalami keterlambatan menstruasi atau bahkan berhenti, dan disini lah biasanya para wanita mulai mempertimbangkan apakah memang sudah hamil atau belum. Tetapi, perlu Bunda ketahui bahwa beberapa wanita bisa tetap mengalami pendarahan bahkan saat hamil, meskipun darah yang dikeluarkan tidak sama dengan darah menstruasi. Oleh sebab itu, Bunda disarankan untuk tidak menjadikan hal ini sebagai patokan utama untuk mencari tahu apakah Bunda sedang hamil atau tidak.

Perasaan nyeri, kebas dan bahkan geli di payudara juga bisa dijadikan sebagai pertanda kehamilan. Saat kehamilan, payudara biasanya akan menjadi lebih penuh, empuk dan aerola (kulit di sekitar puting susu) akan mulai menghitam. Hal ini disebabkan oleh berbagai perubahan hormonal.

Hal lainnya yang bisa diperhatikan adalah rasa nyeri di kepala dan mual-mual saat bangun tidur di pagi hari, atau morning sickness. Hal tersebut biasanya akan terjadi dua sampai delapan bulan setelah implantasi. Mual-mual biasa terjadi karena meningkatnya hormon dapat menyebabkan perut mengosongkan makanan yang ada di perut lebih cepat. Kehamilan juga bisa membuat ibu hamil lebih sensitif terhadap bau, sehingga Bunda bisa merasa pusing dan mual saat mencium bau-bau yang menyengat.

Jika Bunda juga belakangan merasa lebih letih dan mengantuk dari biasanya, bisa saja Bunda telah benar-benar telah mengalami pembuahan di dalam rahim. Memang ada banyak faktor dan kondisi yang menyebabkan keletihan, namun, wanita hamil biasanya merasa letih dan mengantuk lebih cepat disebabkan oleh perubahan tingkat hormon, tingkat gula darah, tekanan darah dan produksi darah yang lebih tinggi dari biasanya.

Bunda juga mungkin sering mendengar orang bilang bahwa ibu hamil akan banyak mengidam makanan. Hal tersebut memang betul dan bukan mitos belaka, lho. Seperti halnya pertanda yang sudah disebutkan sebelumnya, mengidam dapat disebabkan oleh meningkatnya jumlah hormon dalam tubuh. Hal tersebut dapat membuat Bunda merasa benar-benar ingin memakan suatu makanan khusus seperti misalnya buah dengan rasa masam atau kopi.

Hal-hal diatas bisa Bunda jadikan pertimbangan untuk mengambil tes kehamilan, namun perlu Bunda ingat juga bahwa setiap orang akan mengalami gejala yang berbeda-beda sehinga Bunda tidak bisa menggeneralisir dan jika diperlukan, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

© Copyright IVANSINI 2017. By accessing this website, you agree to this disclaimer.

24/7 CALL CENTER    +62-21 3192 2005