linea-nigra-dr-ivan-sini

Selama kehamilan, Bunda akan mengalami begitu banyak perubahan pada diri Bunda baik secara fisik dan mental. Bunda akan merasa lebih mudah lelah, punggung mudah pegal, mudah merasa kesal, kaki yang terasa membengkak, dan tentunya perut yang semakin membesar setiap harinya. Dan tentunya Bunda pasti akan terus memperhatikan perkembangan perut Bunda, dan Bunda bisa melihat perubahan seperti pusar yang timbul keluar hingga munculnya garis vertikal berwarna gelap. Apakah garis tersebut pertanda dari suatu ‘penyakit’ dan perlukah Bunda khawatir akan garis panjang tersebut? Mari kita simak penjelasan di paragraf berikut ini.

‘Garis kehamilan’, atau yang lebih dikenal dengan bahasa kedokterannya Linea Nigra adalah garis berwarna hitam yang muncul secara vertikal pada perut seorang wanita di saat sedang hamil. Linea Nigra sebetulnya biasanya memang sudah ada pada perut seorang wanita, namun Bunda mungkin tidak sadar memilikinya karena warnanya yang menyerupai warna kulit Bunda. Beda halnya dengan saat hamil, garis ini disebut dengan linea alba atau garis putih. Linea nigra biasanya muncul dari sekitar ulu hati, melewati pusar sampai ke tulang kelamin.

Penyebab munculnya garis kehamilan

Garis kehamilan memang wajar muncul saat seorang wanita mengalami kehamilan, sehingga Bunda tidak perlu khawatir jika memiliki garis kehamilan. Tidak ada penyebab jelas maupun penjelasan munculnya garis kehamilan, namun para dokter percaya bahwa hal tersebut dapat muncul karena perubahan-perubahan hormon disaat Bunda mengalami kehamilan. Ada yang menganggap bahwa hormon yang menstimulasi sel melanosit yang diciptakan oleh tali pusar adalah salah satu faktor penyebab munculnya garis tersebut. Hormon ini juga dipercaya sebagai penyebab menggelapnya kulit sekitar puting payudara diasat hamil.

Kebanyakan wanita hamil akan mulai melihat linea nigra muncul sekitar akhir dari trimester pertama, dan bagi sebagian lain muncul setelah trimester ketiga, dan bagi beberapa wanita bahkan linea nigra bisa tidak muncul sama sekali.

Jika Bunda khawatir akan penampilan badan Bunda dan merasa garis tersebut cukup mengganggu penampilan Bunda, tenang saja, karena garis tersebut memang akan hilang dengan sendirinya setelah Bunda melahirkan, biasanya setelah 4-6 bulan pasca melahirkan. Hanya saja, linea nigra memang bisa menghilang sedikit lebih lama jika Bunda sedang menyusui, sering terkena sinar matahari dan memiliki warna kulit gelap.

Bunda mungkin pernah mendengar bahwa garis kehamilan yang muncul pada perut Bunda bisa Bunda gunakan untuk menebak jenis kelamin dari bayi dalam perut Bunda, perlukah Bunda percaya hal tersebut? Tentu saja hal tersebut hanyalah sekedar mitos dan Bunda perlu ketahui bahwa cara paling efektif untuk mencari tahu jenis kelamin dari bayi dalam kandungan Bunda adalah dengan melakukan USG.

© Copyright IVANSINI 2017. By accessing this website, you agree to this disclaimer.

24/7 CALL CENTER    +62-21 3192 2005