morning-sickness-dr-ivan-sini

Apa sih morning sickness itu? Morning sickness adalah kondisi dimana seorang ibu hamil mengalami perasaan mual-mual dan ingin muntah yang disertai rasa pusing dan terkadang demam yang biasa terjadi di awal trimester kehamilan. Meski namanya identik dengan kata ‘morning’, perlu Bunda ketahui bahwa kondisi ini bisa terjadi bukan cuma di pagi hari saja, namun juga di siang sampai malam hari.

Memang kondisi ini tidak membahayakan bagi janin maupun kesehatan Bunda, namun siapa sih yang ingin merasa mual disaat perut sedang lapar? Kondisi ini bisa terjadi oleh siapa saja termasuk Bunda. Namun Bunda bisa mengurangi atau bahkan mengatasi kondisi ini dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang tepat, seperti yang telah kami rangkum dibawah ini:

Makanan yang disajikan dingin

Terdengar aneh mungkin di telinga Bunda, namun faktanya makanan yang disajikan dingin dapat membantu menghilangkan rasa mual-mual yang terkadang bisa membuat pusing. Makanan dingin dapat membantu Bunda karena di saat hamil, indra penciuman Bunda akan menjadi lebih tajam, sehingga makanan akan lebih menyengat di hidung dan dapat menyebabkan mual-mual saat disajikan panas.

Crackers

Mual-mual dan rasa ingin muntah dapat terjadi karena perut yang kosong. Tentunya, selama tidur semalaman, Bunda tidak bisa mengkonsumsi apapun dan secara otomatis perut Bunda akan kosong. Demi mencegah rasa mual timbul, Bunda bisa menyiapkan crackers sebelum tidur sehingga Bunda bisa langsung mengganjal isi perut keesokan harinya dengan crackers yang sudah Bunda siapkan. Konon katanya, makin asin crackers yang Bunda makan, makin efektif pula efek yang akan Bunda rasakan.

Makanan dengan karbohidrat tinggi dan banyak serat

Bunda dianjurkan untuk memakan makanan yang mengandung tingkat karbohidrat yang tinggi seperti gandum utuh untuk melawan rasa mual yang mengganggu. Tak hanya makanan berkarbohidrat tinggi dapat mengatasi mual-mual, Bunda juga bisa mengatasi sembelit dengan makanan yang satu ini. Makanan dengan banyak serat dapat Bunda temukan pada sayuran hijau, dan serat dapat membantu proses pencernaan Bunda. Pastikan untuk memasukkan kedua jenis makanan ini pada menu makan Bunda untuk mencegah morning sickness.

Lemon

Wangi dan kesegaran yang khas dari lemon dapat membantu menenangkan perasaan mual yang Bunda alami. Bunda bisa meminum secangkir teh lemon di pagi hari, atau bisa Bunda campurkan di air putih biasa. Wangi yang menyegarkan dan tidak menyengat pada lemon juga sangat efektif untuk mengatasi rasa mual, sehingga Bunda bisa juga untuk sekadar memotong kemudian mencium lemon.

Selain mengkonsumsi makanan yang telah kami sebutkan diatas, Bunda juga bisa melakukan beberapa hal maupun kegiatan yang sangat efektif untuk meredakan atau bahkan menghilangkan rasa mual, seperti banyak tidur dan istirahat, melakukan olahraga ringan seperti stretching, mengenakan pakaian longgar, menjauhi bau-bau yang menyengat, dan meminta Ayah untuk memijat Bunda.

Jika Bunda masih merasa tidak nyaman dan tetap terus merasa mual dan pusing yang parah setelah melakukan hal-hal diatas ini, Bunda perlu untuk segera menghubungi dokter dan mencari tahu apa yang sedang terjadi dengan tubuh Bunda, untuk mencegah terjadinya hal-hal tidak diinginkan. Selamat mencoba, Bunda!

© Copyright IVANSINI 2017. By accessing this website, you agree to this disclaimer.

24/7 CALL CENTER    +62-21 3192 2005