cegah-hal-ini-saat-persalinan-dr-ivan-sini

Bagi ibu hamil, proses persalinan adalah suatu hal yang sangat ditunggu-tunggu.

Bagaimana tidak, sembilan bulan mengandung telah berlalu dan kini telah tiba waktunya bagi Bunda untuk melahirkan buah hati ke dunia ini. Sebelum itu, pastikan Bunda telah menyiapkan hal-hal yang perlu Bunda dan pasangan lakukan di saat proses persalinan berlangsung, termasuk memperhatikan hal-hal yang patut dicegah disaat proses persalinan berlangsung:

Berteriak secara berlebihan

Mengeluarkan suara disaat proses persalinan memang hal yang wajar dan justru disarankan. Hanya saja, Bunda disarankan untuk tidak berteriak secara berlebihan karena hal tersebut dapat menguras tenaga Bunda, dan tentunya Bunda akan perlu tenaga untuk bisa menjalankan proses persalinan. Jika Bunda berteriak, Bunda mengeluarkan tenaga Bunda ke mulut yang seharusnya Bunda gunakan untuk mendorong bayi keluar, khususnya pada proses persalinan normal. Hal tersebut hanya akan menambah waktu dan menguras tenaga Bunda, sehingga Bunda disarankan untuk bisa mengontrol agar tidak berteriak secara berlebihan.

Hiperventilasi atau proses bernafas yang tidak stabil

Dengan menghirup nafas terlalu cepat dan terlalu banyak di saat proses persalinan berlangsung, Bunda bisa mengalami pusing, kebas, mati rasa pada tangan, kaki dan muka hingga pingsan. Hal ini memang sangat erat dipengaruhi oleh rasa cemas, khawatir dan serangan panik, sehingga hiperventilasi memang sering terjadi pada proses persalinan pertama seorang wanita, namun tentunya Bunda tidak ingin proses persalinan Bunda harus berlangsung lebih lama karena hal ini, bukan? Untuk mencegah terjadinya hiperventilasi disaat proses persalinan berlangsung, Bunda perlu belajar mengolah dan mengatur nafas jauh hari sebelum proses persalinan berlangsung di rumah atau di kelas persiapan kehamilan.

Mengkonsumsi makanan berat dan berminyak

Proses persalinan djiamin akan sangat menguras tenaga Bunda, sehingga Bunda akan perlu pintar menjaga stamina Bunda disaat proses persalinan berlangsung. Salah satu cara terbaik menjaga stamina adalah dengan tidak mengkonsumsi makanan berat dan berminyak saat sebelum melahirkan atau sebetulnya, disaat sudah memasuki bulan ke-9 kehamilan. Proses pencernaan seorang wanita akan diperlambat saat proses persalinan, sehingga makanan berat dan berminyak akan sulit dicerna oleh perut Bunda. Yang perlu Bunda konsumsi adalah makanan seperti oatmeal, buah-buahan, granola bar, keju, yogurt, dan sports drink untuk mencegah dehidrasi.

Mengerahkan terlalu banyak tenaga

Seperti yang telah disebutkan beberapa kali sebelumnya, Bunda akan butuh banyak tenaga saat proses persalinan. Jangan buang-buang tenaga dengan melakukan hal-hal yang tidak perlu misalnya dengan terlalu banyak bergerak atau berpikir yang tidak-tidak. Dengan kata lain; Bunda perlu untuk menenangkan diri dan menyediakan tenaga dengan mengosongkan pikiran dan tidak melakukan aktivitas yang dapat melelahkan Bunda. Proses persalinan akan berlangsung selama 10 jam dan jika Bunda tidak menyediakan cukup tenaga, proses tersebut dapat berlangsung lebih lama lagi.

Konsultasikan dengan dokter Bunda yang memang telah ahli di bidangnya mengenai apa saja yang akan perlu Bunda lakukan disaat proses persalinan berlangsung. Dengan begitu, Bunda akan sangat terbantu untuk bisa melakukan proses persalinan dengan baik.

© Copyright IVANSINI 2017. By accessing this website, you agree to this disclaimer.

24/7 CALL CENTER    +62-21 3192 2005