ivan-sini-tips-kehamilan-jakarta-ibu-hamil-kaki-bengkak

Selama masa kehamilan, tubuh ibu akan lebih banyak memproduksi darah dan cairan sebagai pemenuhan kebutuhan sang janin. Namun, sering kali meningkatnya produksi cairan pada tubuh ibu menyebabkan terjadinya pembengkakan pada bagian kaki ibu hamil. bengkak pada kaki ini dikenal dengan sebutan edema.

Edema seringkali dijumpai pada ibu hamil yang berada pada usia kehamilan trimester kedua hingga trimester ketiga. Edema terjadi karena adanya perubahan keseimbangan volume cairan dalam tubuh dan menyebabkan cairan tersebut terperangkap dalam suatu jaringan. Membesarnya rahim juga menyebabkan terjadinya penimbunan cairan serta menghambat aliran darah pada kaki ibu hamil, sehingga kaki menjadi nampak bengkak.

Masalah bengkak pada kaki ini dapat diminimalisir dengan beberapa cara yang dipercaya ampuh, yakni:
– Menghindari aktifitas yang terlalu berat
– Banyak mengonsumsi buah dan sayur
– Banyak minum air putih
– Menjalani olahra kehamilan
– Menghindari duduk dengan menyilangkan kaki
– Mengurangi konsumsi garam
– Mengkompres dan memijat halus kaki yang bengkak
– Mengurangi pemakaian celana atau pakaian yang terlalu ketat
– Menggunakan alas kaki yang nyaman (hindari alas kaki bertumit tinggi)
– Meninggikan kaki dengan bantal sewaktu tidur guna memperlancar aliran darah
– Hindari berdiri yang terlalu lama dan duduk yang terlalu lama
– Bila bertambah parah, bed rest

Edema selama masa kehamilan sesungguhnya tidak berbahaya. Edema akan hilang dengan sendirinya usai masa kehamilan berlangsung. Namun, jangan terlalu menganggap sepele bengkak pada tubuh ibu, karena terdapat pula bengkak yang tidak normal yang disebabkan oleh preeklamsia.

Kasus pembengkakan akibat preeklamsia ini terjadi jika bengkak yang dialami ibu hamil dirasa tidak wajar, seperti terjadi pembengkakan pada bagian kaki, muka, tangan, serta bengkak tersebut disertai dengan rasa nyeri dan pusing. Preeklamsia terbilang cukup berbahaya bagi ibu dan juga kesehatan sang janin. Maka sangat disarankan untuk memeriksakan kondisi tersebut ke dokter dengan segera jika bengkak yang dialami oleh ibu tidak berkurang meskipun sudah bedrest

© Copyright IVANSINI 2017. By accessing this website, you agree to this disclaimer.

24/7 CALL CENTER    +62-21 3192 2005