kehamilan-diatas-umur-35-tahun-dr-ivan-sini

Jika Bunda sedang membaca artikel ini, mungkin Bunda sedang bertanya-tanya apakah Bunda bisa memiliki bayi lagi meskipun usia sudah diatas 35 tahun, atau mungkin Bunda hanya sedang penasaran dan ingin cari tahu seputar topik ini. Apapun alasannya, Bunda tidak perlu bingung karena kehamilan diatas umur 35 tahun masih sangatlah mungkin dan bukanlah hal yang tidak wajar.

Meskipun begitu, nyatanya memang akan lebih sulit bagi seorang wanita untuk memiliki kandungan di saat umur sudah kepala tiga. Seperti yang diketahui bersama, bukanlah hal yang mudah bagi seorang wanita untuk bisa hamil disaat sudah berumur di atas 35. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor seperti kesuburan, pola makan dan pola hidup, pasangan, dan lainnya.

Tak hanya itu, ada berbagai tantangan-tantangan yang harus dihadapi bagi seorang wanita yang ingin memiliki bayi di umur 30-an seperti proses membuat kehamilan tersebut menjadi kenyataan, proses mengandung selama 9 bulan hingga proses melahirkan.

Tetapi, Bunda tidak perlu khawatir. Di artikel ini, kami akan membantu Bunda dengan memberikan poin-poin penting dibawah ini untuk menjadikan kehamilan di atas umur 35 sebuah kenyataan:

Pertimbangkan mengkonsumsi vitamin untuk kehamilan

Salah satu cara yang paling efektif untuk bisa hamil di atas umur 35 adalah dengan mengkonsumsi vitamin atau suplemen yang bisa mendorong terjadinya kehamilan. Bunda bisa mencari vitamin yang mengandung asam folat. Dengan mengkonsumsi vitamin, Bunda bisa mengecilkan resiko terjadinya cacat pada janin, misalnya spina bifida (cacat tulang punggung/sumsum). Bunda juga tidak perlu surat dokter untuk mendapatkan vitamin di apotek.

Hilangkan kebiasaan buruk

Hal ini memang sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, namun jika Bunda berniat untuk memiliki kandungan di umur 35 keatas (atau di bawah 35 sekalipun), Bunda bisa mencoba untuk menghilangkan kebiasaan-kebiasaan yang bisa menghalangi terjadinya proses kehamilan seperti merokok, meminum alkohol, tidur terlalu larut dan lainnya. Bunda bisa memberikan upaya dengan mengeluarkan segala ‘racun’ di tubuh untuk memberikan janin Bunda ‘tempat tinggal’ yang sehat selama sembilan bulan.

Stres juga merupakan faktor yang menghalangi terjadinya proses kehamilan. Oleh sebab itu, Bunda harus bisa mengontrol stres dan emosi agar kehamilan dapat terjadi dan proses kelahiran berjalan dengan lancar.

Jaga berat badan

Dengan menjaga badan tidak terlalu gemuk atau obesitas, Bunda tidak hanya bisa meningkatkan kemungkinan kehamilan bisa terjadi, tetapi juga menurunkan kemungkinan terjadinya diabetes gestasional. Diabetes gestasional bisa menyebabkan komplikasi juga yang tentunya perlu Bunda hindari. Berat badan yang terlalu tinggi dapat menghambat terjadinya proses kehamilan, dan faktanya klinik tabung tidak akan menjalankan proses pembuahan bayi tabung jika seorang wanita memiliki berat badan yang terlalu tinggi.

Banyak beristirahat

Bunda perlu perhatikan pola hidup bunda dan menjaga untuk tidak melakukan terlalu banyak aktivitas, apalagi jika Bunda sudah memasuki trimester kedua. Tidur membantu Bunda memiliki aliran darah yang cukup dan membantu janin Bunda bertumbuh dengan baik.

Empat tips di atas bisa Bunda terapkan untuk bisa hamil dan melahirkan dengan baik meskipun sudah diatas umur 35 tahun. Untuk informasi lebih lanjut, Bunda bisa konsultasikan dengan dokter Bunda. Selamat mencoba!

© Copyright IVANSINI 2017. By accessing this website, you agree to this disclaimer.

24/7 CALL CENTER    +62-21 3192 2005