makanan-kaya-asam-folat-dr-ivan-sini

Di artikel sebelumnya, kita telah membahas pentingnya asam folat bagi wanita khususnya bagi ibu hamil. Asam folat sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan sistem saraf, pencernaan dan imun manusia, memproduksi tenaga, mengoptimalkan pembentukan sel darah merah, sintesis DNA dan RNA, proses pembagian sel dan bagi wanita hamil, dapat mencegah defek pada bayi seperti spina bifida.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang telah di proses dan di masak mengandung 180mcg folat di setiap 170 gramnya. Kacang-kacangan juga kaya akan protein, serat dan rendah lemak, sehingga mereka memang pengganti terbaik untuk daging. Bunda bisa mengolah kacang-kacangan dengan merebus selama 15 sampai 20 menit, kemudian tambahkan kunyit atau jahe. Bunda bisa pula memasukkan kacang-kacangan kedalam makanan sop seperti sayur asem, sop ayam, dan lainnya.

Brokoli

Sayuran yang tergolong dalam keluarga kubis-kubisan ini harus banget Bunda konsumsi. Brokoli memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat mencegah tumbuhnya sel kanker dan serat yang membantu proses pencernaan. Setiap 170 gram dari brokoli mengandung 50mcg folat dan Bunda bisa memanfaatkan dan mengolah brokoli sesuai dengan selera Bunda. Bunda bisa memotong kecil-kecil dan sajikan dengan ayam goreng mentega, sop sayur, atau bahkan jika Bunda ingin bereksperimen; sajikan bersama pizza vegetarian. Bunda juga bisa merebus dengan garam selama 10 menit kemudian langsung di konsumsi.

Bayam

Bayam merupakan opsi baik bagi Bunda untuk bisa mendapatkan asupan folat yang cukup banyak. Sebanyak kurang lebih 250 gram dari bayam dapat mengandung 50mcg folat, dan bayam juga disertai oleh zat-zat senyawa fitokemikal yang baik untuk kesehatan seperti beta karoten dan lutein yang bekerja dengan baik untuk mencegah timbulnya sel kanker. Bunda bisa berkreasi sesuai dengan keinginan Bunda, Bunda bisa merebus bayam, atau membuat sayur sop, hingga mencampur bayam dengan udang goreng tepung. Yummy!

Buah melon

Buah manis yang menyerupai semangka ini sangat kaya akan vitamin A dan C, dimana seperempat dari sebuah melon dapat mengandung 25mcg folat. Bunda bisa mendapatkan buah melon terbaik yang telah matang di pasar atau toko buah dengan menepuk buah melon. Pastikan juga tidak ada bagian yang busuk dan terlalu empuk. Jika saat ditepuk buah tersebut terdengar kosong, itu berarti buah melon tersebut sudah matang. Bunda juga bisa mencium bau yang dikeluarkan, jika terlalu manis berarti terlalu matang, dan jika tidak tercium wangi manis berarti belum matang.

Telur

Telur merupakan makanan terbaik yang dapat dikonsumsi oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun. Satu buah telur dapat mengandung 25mcg asam folat yang baik untuk kesehatan Bunda. Pastikan Bunda memilih telur dengan kandungan omega-3 yang juga baik untuk perkembangan otak si kecil. Bunda bisa merebus telur dalam jumlah banyak dan simpan ke dalam kulkas untuk Bunda cemil disaat sedang merasa lapar.

Beberapa makanan diatas perlu ada di dapur Bunda untuk bisa Bunda konsumsi agar mendapatkan kandungan asam folat yang baik untuk kesehatan Bunda dan kandungan Bunda. Pastikan juga Bunda telah berkonsultasi dengan dokter kandungan Bunda untuk mengetahui kandungan asam folat yang perlu Bunda konsumsi setiap harinya untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

© Copyright IVANSINI 2017. By accessing this website, you agree to this disclaimer.

24/7 CALL CENTER    +62-21 3192 2005