cara-untuk-berhenti-merokok-dr-ivan-sini

Tentu Bunda tahu bahwa rokok merupakan zat berbahaya yang dapat membuat para penggunanya akan mengalami kesusahan untuk bisa hamil atau bahkan melahirkan sekalipun.

Rokok dapat membuat sel telur wanita menua lebih cepat dari seharusnya, sehingga membuat perokok aktif akan mengalami kesulitan untuk bisa hamil. Sementara untuk wanita yang tengah hamil namun tetap merokok, dengan menerima sekian banyak zat berbahaya dalam tubuh, keguguran akan sangat besar kemungkinannya untuk terjadi karena bayi dalam kandungan hanya bisa mendapatkan oksigen dan makanan melalui darah. Satu-satunya cara adalah dengan berhenti merokok.

Jika Bunda merupakan perokok yang aktif dan mengalami kesulitan untuk berhenti namun ingin bisa mengandung, Bunda bisa cek beberapa tips untuk berhenti merokok saat ingin berusaha hamil:

Mulai dari sekarang

Ya, cara pertama yang harus Bunda lakukan adalah dengan berhenti merokok mulai dari sekarang. Bukan besok, bukan nanti, sekarang. Jangan pernah berpikir untuk menunda-nunda, karena dengan menunda, Bunda hanyalah sedang berkompromi dengan perasaan sejenak Bunda ingin merokok. Memang tidak akan mudah bagi seorang perokok untuk langsung berhenti merokok disaat itu juga, namun Bunda bisa merencanakan untuk berhenti merokok sesegera mungkin.

Bulatkan tekad

Katakan pada diri Bunda bahwa Bunda ingin segera memiliki anak. Yakinkan diri Bunda bahwa memiliki anak adalah hal yang terpenting bagi diri Bunda saat ini. Apakah Bunda benar-benar ingin memiliki buah hati? Ataukah perasaan tersebut bisa dikalahkan oleh sebatang rokok? Tanyakan pertanyaan-pertanyaan yang dapat memancing motivasi Bunda untuk berhenti merokok untuk bisa memulai berusaha mengalami kehamilan. Dengan begitu, tekad Bunda bisa dibulatkan dan hal tersebut akan sangat membantu Bunda untuk berhenti merokok.

Perhatikan sekitar Bunda

Salah satu hal yang dapat memancing rasa ingin merokok adalah lingkungan sekitar. Yang perlu Bunda lakukan adalah untuk menjadi lebih bijak dan pintar disaat menempatkan diri, di manapun dan kapanpun. Bunda perlu untuk menjauhi diri dari segala hal yang berkaitan tentang rokok, seperti asbak, smoking area, teman-teman yang merokok dan lain sebagainya. Bunda juga perlu untuk memberitahu kepada orang-orang yang biasa merokok bersama Bunda bahwa Bunda kini tengah berusaha untuk berhenti merokok, dan pastinya mereka akan berusaha membantu Bunda salah satunya dengan tidak mengajak Bunda merokok.

Minta bantuan dokter

Disaat Bunda benar-benar mengalami kesulitan untuk berhenti dan merasa perlu bantuan ahli, jangan sungkan untuk meminta bantuan ahli dari dokter. Dengan berdiskusi dengan dokter Bunda, Bunda akan mendapatkan preskripsi obat yang dapat membantu meredakan ketergantungan terhadap rokok dan segala jenis saran yang bisa Bunda terapkan agar kebiasaan buruk tersebut dapat Bunda hentikan. Bunda juga bisa tanyakan kepada dokter Bunda apakah terapi pengganti nikotin atau NRT akan perlu diterapkan kepada Bunda.

Pada akhirnya, Bunda akan perlu untuk memulai dari sekarang secara perlahan namun bertahap, dan jangan lupa diskusikan kepada pasangan Bunda supaya Bunda bisa mendapatkan bantuan dari orang yang tersayang, pula. Good luck, Bunda!

© Copyright IVANSINI 2017. By accessing this website, you agree to this disclaimer.

24/7 CALL CENTER    +62-21 3192 2005