pentingnya-asam-folat-bagi-ibu-hamil-dokter-ivan-sini

Asam folat itu sangat penting lho, khususnya bagi para wanita! Tahukah Bunda mengapa?

Baik bagi Bunda yang sedang mengandung, wanita yang sedang tidak hamil ataupun sedang berusaha hamil sekalipun, asam folat yang merupakan salah satu jenis dari sekian banyak vitamin B ini sangat diperlukan oleh tubuh. Dengan memiliki kandungan asam folat yang cukup, tubuh Bunda akan mendapatkan berbagai macam kebaikan-kebaikan yang mungkin tidak Bunda ketahui sebelumnya.

Asam folat

Ada dua jenis asam folat yang dapat Bunda temui dalam kehidupan sehari-hari, yaitu asam folat sintetis dan natural. Untuk asam folat sintetis sendiri dapat Bunda temukan di berbagai suplemen ataupun multivitamin, sereal dan roti-rotian. Di lain sisi, Bunda bisa temukan kandungan ini di berbagai buah dan sayuran seperti wortel, brokoli dan jeruk.

Asam folat pada umumnya menciptakan vitamin B9, sebuah senyawa organik yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan sistem saraf, pencernaan dan imun manusia. Tak hanya itu, asam folat juga berperan penting dalam memproduksi tenaga, pembentukan sel darah merah, sintesis DNA dan RNA, serta proses pembagian sel. Tubuh akan membutuhkan asam folat dalam berbagai proses penting di dalam tubuh, seperti replikasi DNA dan menjaga jumlah sel darah merah dalam tulang sumsum.

Asam folat bagi ibu hamil

Disaat Bunda tengah hamil atau hendak ingin hamil, kandungan asam folat akan sangat Bunda butuhkan untuk kebaikan Bunda dan janin di dalam perut. Asam folat dapat mencegah terjadinya Neural Tube Defects (NTDs), yaitu sebuah kondisi dimana tulang punggung janin tidak dapat bertumbuh dengan baik (spina bifida). Bunda juga perlu tahu bahwa sebetulnya kondisi ini seringkali terjadi di proses awal pembentukan janin. Dan tahukah Bunda; hal ini seringkali terlalaikan oleh banyak wanita di seluruh dunia.

Maka itu, seorang wanita akan disarankan untuk memiliki kandungan asam folat yang cukup dalam tubuh sebulan sebelum mengalami kehamilan. Namun, jika Bunda kini tengah hamil, tidak ada salahnya untuk memulai dari sekarang. Bunda disarankan untuk mengkonsumsi 0.4 miligram asam folat setiap harinya jika belum hamil dan tingkatkan ke 0.6 miligram disaat sedang hamil. Untuk info mengenai kebutuhan asam folat perhari-nya yang lebih akurat, Bunda perlu untuk diskusikan dengan dokter ahli gizi atau kandungan Bunda.

Makanan dengan kandungan asam folat

Bunda bisa mendapatkan makanan yang mengandung asam folat yang berlimpah di berbagai makanan berikut:

  • Kacang-kacangan
  • Sereal
  • Jeruk-jerukan seperti limau, lemon, citrus, jeruk mandarin, dan lain sebagainya.
  • Sayuran hijau seperti brokoli, sawi, bayam, kubis, asparagus dan lain sebagainya

Jika Bunda berniat untuk mengkonsumsi suplemen yang mengandung asam folat, selalu pastikan terlebih dahulu dengan dokter agar mendapatkan preskripsi yang lebih tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan tubuh Bunda. Stay healthy, Bunda!

© Copyright IVANSINI 2017. By accessing this website, you agree to this disclaimer.

24/7 CALL CENTER    +62-21 3192 2005