rahasia-fit-saat-hamil-ivan-sini

Masa kehamilan tidak diragukan lagi akan menciptakan banyak sekali perubahan dalam tubuh seorang wanita. Perubahan-perubahan tersebut terus terang saja kadang bisa membuat wanita hamil menjadi sangat malas bergerak dan hanya ingin bersantai di sofa atau kasur.

Bunda sebagai ibu hamil, sangat dianjurkan untuk melawan rasa malas tersebut. Mengapa begitu?

Dengan cukup bergerak sewaktu hamil, Bunda bisa mendapatkan berbagai hal baik untuk Bunda dan kandungan Bunda. Contohnya saja, olahraga ringan seperti berjalan sekeliling rumah dan senam aerobik dalam air faktanya dapat mengurangi resiko diabetes gestasional, mengurangi rasa pegal di punggung, kembung dan nyeri, hingga menambah energi dan memperbaiki mood Bunda.

Jika Bunda jarang berolahraga sebelum hamil, Bunda tidak perlu khawatir, karena Bunda bisa mulai berolahraga pada masa kehamilan. Bunda hanya perlu pastikan bahwa tidak ada larangan berolahraga dari dokter atau bidan Bunda.

Berikut merupakan berbagai tips yang bisa Bunda ikuti:

1. Coba untuk melakukan olahraga ringan selama 30 menit setiap harinya. Wanita yang tidak terlalu aktif bahkan sebelum masa kehamilan sangat disarankan untuk memulai dengan perlahan dan tidak terlalu tergesa-gesa; olahraga sebaiknya dilakukan hanya beberapa menit saja setiap harinya. Kemudian, tambahkan lima menit setiap minggunya hingga mencapai maksimal 30 menit. Pastikan untuk selalu lakukan pemanasan, peregangan dan pendingingan sebelum dan seusai berolahraga.

2. Jika Bunda memang sudah rajin berolahraga sebelum hamil, Bunda tetap bisa melakukan olahraga seperti yang biasa Bunda lakukan untuk beberapa waktu, namun konsultasikan dengan dokter dan bidan Bunda terlebih dahulu. Bunda juga perlu perhatikan bahwa setiap orang memiliki ketahanan fisik yang berbeda-beda, jadi Bunda sebaiknya tidak menjadikan kehamilan orang lain sebagai patokan.

3. Bagi wanita yang tidak terlalu aktif berolahraga sebelum kehamilan, olahraga ringan seperti berjalan santai, berenang dan senam aerobik air sangat dianjurkan untuk dilakukan. Wanita yang tidak aktif juga perlu untuk tetap berolahraga meskipun tidak terlalu ekstrim.

4. Jangan lakukan olahraga kontak fisik maupun olahraga yang bisa membuat Bunda terjatuh, seperti sepak bola, bola basket, tennis, badminton, berkuda dan lainnya. Bunda juga sebaiknya tidak melakukan scuba diving karena tekanan dalam air bisa berbahaya bagi bayi Bunda.

5. Setelah memasuki bulan ke-empat, wanita hamil disarankan untuk tidak banyak berolahraga, dimana wanita hamil harus lebih banyak beristirahat dan bersender di masa tersebut.

6. Minum banyak air dan kurangi olahraga saat cuaca sedang panas untuk mencegah kepanasan yang justru bisa membuat tubuh Bunda lemas.

Beberapa tips di atas bisa Bunda terapkan untuk menjaga tubuh Bunda tetap fit dan segar di masa kehamilan, dan jangan lupa konsultasikan dengan dokter Bunda terlebih dahulu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan untuk terjadi.

© Copyright IVANSINI 2017. By accessing this website, you agree to this disclaimer.

24/7 CALL CENTER    +62-21 3192 2005