cemilan-sehat-saat-hamil-dr-ivan-sini

Bukanlah hal yang aneh jika Bunda menjadi sering mengemil disaat tengah hamil.

Misalnya, Bunda baru saja makan sarapan satu jam yang lalu. Namun tak lama kemudian perut sudah keroncongan lagi. Wajarkah? Tentu sangat wajar. Rasa lapar yang Bunda rasakan di saat hamil akan meningkat begitu pesat, karena meningkatnya jumlah gizi yang Bunda butuhkan untuk Bunda sendiri dan si kecil dalam kandungan.

Bagaimana solusinya? Tentu dengan memakan kudapan! Mungkin Bunda berpikir, cemilan atau kudapan tidak akan baik bagi berat badan Bunda. Betul, di saat hamil, Bunda harus betul-betul menjaga berat badan dan jumlah asupan gizi yang ada dalam tubuh, demi kelancaran proses perkembangan janin dan nantinya, proses persalinan. Namun, Bunda tak perlu khawatir. Ada begitu banyak opsi cemilan yang sangat menyehatkan, mudah didapat, murah dan tak lupa tetap enak.

Apa saja cemilan-cemilan sehat yang bisa jadi opsi untuk Bunda konsumsi? Simak list berikut:

Crackers

Ya, crackers asin polos yang tidak disertai gula maupun tambahan lainnya sangat baik untuk Bunda konsumsi. Makanan renyah yang satu ini dapat dengan mudah mengisi perut kosong Bunda disaat baru bangun tidur maupun jika Bunda sedang menghabiskan akhir minggu bersama keluarga. Setengah kemasan crackers kecil bisa Bunda konsumsi untuk mengganjal rasa lapar Bunda, namun jangan makan terlalu banyak agar tidak merusak pola makan Bunda.

Yogurt

Kenapa yogurt? Karena Bunda bisa mendapatkan begitu banyak hal baik dalam satu kemasan yogurt. Bunda bisa mendapatkan zat-zat baik seperti kalsium, probiotik, dan juga di beberapa merek, asam folat. Pastikan Bunda membeli yogurt khusus kehamilan atau yogurt tak bergula, untuk menjaga tubuh tetap sehat. Yogurt juga sangat serbaguna, dimana Bunda bisa mencampurkan berbagai hal kedalam yogurt Bunda seperti buah jeruk, kismis, anggur, kiwi, dan segala jenis buah-buahan yang Bunda sukai.

Sereal atau oatmeal

Sereal dan oatmeal bisa menjadi solusi tepat bagi rasa lapar Bunda. Entah untuk di konsumsi sebagai sarapan atau hanya sekadar makanan sebelum tidur, kedua makanan ini sangat efektif mengatasi rasa lapar yang Bunda alami. Gunakan susu murni yang rendah lemak untuk sereal Bunda. Selain itu, Bunda juga bisa tambahkan oatmeal Bunda dengan yogurt rendah gula. Jika punya alternatif dan kombinasi laninya, Bunda sangat dipersilahkan untuk berkreasi!

Popcorn

Agak kaget dengan cemilan yang satu ini? Sebenarnya, popcorn adalah makanan yang begitu sehat bagi siapapun. Jagung yang ‘berisikan angin’ ini memiliki kadar kalori yang terbilang rendah, jika dibandingkan dengan jumlah dalam satu mangkok makan biasa. Hanya saja, pastikan Bunda hanya mengkonsumsi popcorn asin dan tidak menggunakan begitu banyak mentega atau margarin yang tidak baik untuk lemak tubuh. Popcorn juga asik dikonsumsi saat membaca buku, lho.

Bunda, usahakan untuk mencegah perut dalam keadaan kosong demi kesehatan Bunda dan kandungan. Untuk pola makan yang sehat, coba untuk mengkonsumsi lebih sedikit porsi makanan namun lebih sering. Selingi juga dengan beberapa snack sehat yang disebutkan diatas, dan Bunda pun pastinya akan memiliki kandungan yang sehat sewaktu melahirkan nanti.

Untuk mengetahui pola makan yang sesuai dengan keseharian dan keadaan tubuh Bunda, jangan ragu untuk konsultasikan dengan dokter kandungan Bunda atau ahli gizi Bunda. Selamat mencoba!

© Copyright IVANSINI 2017. By accessing this website, you agree to this disclaimer.

24/7 CALL CENTER    +62-21 3192 2005