susah-tidur-trimester-tiga-kehamilan-dr-ivan-sini

Semakin dekat tanggal kelahiran, akan semakin sulit pula bagi Bunda untuk bisa tidur nyenyak dan bermimpi indah.

Faktanya, 9 dari 10 wanita hamil mengalami kesulitan untuk tidur, khususnya di bulan-bulan terakhir kehamilan. Hal ini disebabkan oleh begitu besarnya bayi dalam perut Bunda sehingga Bunda akan sulit untuk bisa beristirahat dan berbaring dengan nyaman.

Tak hanya itu, Bunda bisa mengalami beberapa hal yang dapat membuat Bunda susah untuk beristirahat dengan tenang, seperti bayi yang terus bergerak meski Bunda telah tidur, kram pada kaki, rasa gatal pada bagian tubuh tertentu, heartburn, sakit punggung, dan bahkan mimpi buruk. Lalu, bagaimana caranya bagi seorang wanita hamil untuk bisa tidur dengan lelap, apalagi wanita hamil perlu menyimpan banyak tenaga untuk melakukan persalinan?

Kami telah merangkum beberapa hal yang perlu Bunda perhatikan untuk bisa tidur dengan nyenyak sehingga Bunda dapat mengumpulkan tenaga untuk melakukan persalinan:

Tidur menghadap ke kiri

Bunda disarankan untuk tidur menghadap ke kiri saat hamil, tujuannya untuk membantu darah tetap mengalir ke seluruh tubuh Bunda dengan baik dan menjaga kandungan Bunda tetap mendapatkan nutrisi yang ia butuhkan. Tak hanya itu, tidur dengan posisi ini dapat membuat Bunda memiliki tidur yang lebih tenang, dimana posisi ini dapat mencegah keram-keram, heartburn, dan lain sebagainya.

Gunakan bantal tambahan

Jika Bunda punya bantal ekstra dirumah, Bunda bisa gunakan di kasur selama tidur agar bisa mendapatkan kenyamanan yang Bunda butuhkan untuk bisa tidur. Jika memungkinkan, Bunda juga bisa menggunakan bantal kehamilan yang dapat mendukung punggung dan leher Bunda disaat tidur.

Cari tempat yang paling nyaman

Jika Bunda merasa tidak nyaman tidur di atas kasur, Bunda bisa menggunakan tempat empuk lainnya seperti sofa, matras, dan tempat-tempat lainnya. Cari tempat yang menurut Bunda paling nyaman dan sejuk, dan Bunda akan segera tertidur di waktu yang singkat.

Fokuskan pikiran

Lima belas menit sebelum tidur, Bunda dapat mencoba untuk memfokuskan pikiran Bunda dan mencegah hal-hal yang tidak penting masuk kedalam pikiran Bunda. Rilekskan dan atur nafas Bunda, serta pastikan Bunda memikirkan hal-hal positif yang dapat membuat Bunda tenang. Bunda lama kelamaan akan merasa rileks dan akan tidur tanpa Bunda sadari.

Jangan konsumsi makanan berat dan pedas

Bunda bisa berupaya untuk tidak mengkonsumsi makanan-makanan berat seperti porsi makan siang yang biasa Bunda konsumsi, dan cegah memakan makanan-makanan pedas. Tujuannya adalah agar sistem pencernaan Bunda tidak merasa kesulitan berusaha untuk mencerna makanan yang Bunda makan sebelumnya, dan demi untuk mencegah heartburn yang dapat menyakitkan kerongkongan Bunda.

Beberapa hal di atas dapat Bunda terapkan untuk mengatasi susah tidur di trimester ketiga kehamilan. Namun, jika Bunda mengalami susah tidur yang berlebihan yang membuat Bunda terjaga semalaman dalam jangka waktu yang panjang, kabari dokter kandungan Bunda segera agar bisa mendapatkan solusi yang tepat bagi permasalahan Bunda. Selamat mencoba, Bunda, semoga berhasil!

© Copyright IVANSINI 2017. By accessing this website, you agree to this disclaimer.

24/7 CALL CENTER    +62-21 3192 2005