mengecilkan-perut-pasca-melahirkan-ivan-sini

Bagi ibu hamil, memiliki perut yang melebar dan membesar saat mengandung bayi memang adalah sebuah fakta yang sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Tak sedikit pula ibu hamil yang bertanya-tanya, “Apakah saya bisa mengembalikan bentuk perut dan tubuh saya kembali seperti saat sebelum hamil setelah melahirkan?”

Tentu saja sangat mungkin! Yuk simak tips-tips berikut untuk mengembalikan perut Bunda kembali seperti semula setelah melahirkan:

Berikan bayi Bunda ASI

Sebetulnya dengan menyusui, seorang ibu yang baru melahirkan dapat secara perlahan mengembalikan bentuk perut dan tubuh seperti semula. Tubuh seorang ibu menyusui akan bekerja lebih keras untuk memproduksi air susu setiap harinya, sehingga ibu yang menyusui dapat membakar 300-500 kalori setiap harinya (300-500 kalori sama dengan berenang selama satu jam).

Cegah dehidrasi dan minum banyak air

Jika mobil membutuhkan oli untuk menjaga mesin kendaraan tetap berjalan dengan lancar, seorang ibu yang baru melahirkan juga butuh air untuk menjaga ‘mesin’ tetap berjalan. Bunda dapat mengembalikan bentuk tubuh dengan menjaga diri tetap terhidrasi, dimana air akan sangat membantu pencernaan dan menahan rasa lapar. Bunda dapat meminum air sebanyak 8 gelas setiap harinya untuk mencegah dehidrasi.

Perhatikan apa yang Bunda konsumsi

Tak hanya diwaktu kehamilan, biasanya seorang ibu yang baru melahirkan juga bisa mengalami  ’ngidam’. Dan untuk mencegah berat badan Bunda tetap bertambah pasca melahirkan, Bunda bisa mengatasi rasa ngidam untuk memakan makanan yang manis-manis ini dengan memakan buah-buahan yang manis seperti anggur, mangga, apel, pir dan lainnya. Bunda juga disarankan untuk memakan makanan yang mengandung banyak serat agar pencernaan tetap lancar. Konsultasikan pula dengan dokter Bunda untuk mengatur pola makan yang menyehatkan namun tidak membuat badan lebar.

Banyak bergerak

Rasa malas bergerak memang sangat sulit dilawan, tetapi Bunda harus bisa melawan rasa malas tersebut untuk mengembalikan bentuk tubuh menjadi seperti semula.  Bunda bisa lakukan olahraga ringan, misalnya berjalan di sekeliling rumah selama 30 menit sehari. Tetapi, Bunda harus tetap mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Beri sedikit waktu

Seperti yang disebutkan di awal artikel ini, memiliki perut yang melebar dan membesar pasca melahirkan memang sebuah hal yang wajar. Bunda harus bisa memberi sedikit waktu dan jangan terburu-buru untuk melakukan diet, karena ibu hamil membutuhkan nutrisi untuk bisa tetap menyusui bayinya.

5 tips diatas ini bisa Bunda terapkan untuk mengembalikan bentuk perut dan badan Bunda seperti disaat sebelum hamil. Namun, Bunda perlu ingat bahwa kesehatan Bunda dan bayi Bunda harus tetap dijadikan prioritas utama, jangan sampai dengan terlalu menjaga penampilan Bunda justru malah jatuh sakit. Selamat mencoba!

© Copyright IVANSINI 2017. By accessing this website, you agree to this disclaimer.

24/7 CALL CENTER    +62-21 3192 2005