pemulihan-pasca-melahirkan-dr-ivan-sini

Sembilan bulan bukanlah waktu yang sebentar. Saat hamil, tak hanya Bunda harus membatasi dan mengurangi segala aktivitas yang biasanya bisa dilakukan setiap hari, Bunda juga mau tak mau harus lebih banyak berada di dalam rumah untuk beristirahat agar bayi dalam kandungan dapat bertumbuh dengan baik.

Hal tersebut tentu saja dapat membuat Bunda merasa bosan, sehingga Bunda mungkin telah merencanakan berbagai hal yang ingin Bunda lakukan untuk melepas suntuk seperti liburan keluar kota, jalan-jalan ke mall, berolahraga berat, dan lainnya. Namun, Bunda disarankan untuk tidak melakukan apapun selain memfokuskan diri terhadap beberapa hal utama seperti pemulihan diri, mengenal bayi secara lebih intim dan belajar menjadi seorang ibu, khususnya bagi para ibu baru.

Perlu Bunda ketahui bahwa pemulihan diri adalah hal yang terpenting di masa pasca melahirkan. Tubuh Bunda baru saja mengalami perubahan besar-besaran selama sembilan bulan, sehingga janganlah terburu-buru untuk kembali melakukan kebiasaan seperti sebelum hamil dulu. Memang ada yang menyebutkan bahwa tubuh Bunda bisa pulih setelah enam minggu pasca melahirkan, namun sebetulnya tubuh Bunda akan benar-benar kembali normal setelah sembilan bulan.

Oleh sebab itu, Bunda bisa mengikuti berbagai tips dibawah ini disaat tengah menjalani masa pemulihan:

Cari udara segar setiap harinya

Hanya beristirahat diatas sofa selama sembilan bulan setiap harinya memang dapat membuat bosan, suntuk dan bahkan stress. Oleh sebab itu, Bunda bisa mencari udara segar dengan berjalan-jalan singkat di sekitar komplek rumah agar pikiran Bunda bisa kembali tenang dan disegarkan. Bunda juga bisa kembali berbincang-bincang dengan para tetangga, tujuannya adalah untuk menghilangkan stress dan rasa bosan yang ada.

Tidur disaat bayi sedang tidur

Mengandung dan melahirkan adalah dua hal yang benar-benar melelahkan bagi seorang wanita, baik secara fisik maupun mental. Mungkin Bunda sempat berpikiran untuk melakukan berbagai hal disaat si kecil sudah kembali tidur, namun justru sebaiknya Bunda ikut tidur. Bunda bisa mengembalikan lagi tenaga Bunda dan lama kelamaan Bunda bisa tetap terjaga lebih lama. Bunda juga tidak perlu terlalu ‘perfeksionis’, tidak semua hal di dalam rumah perlu terlihat bersih mengkilap. Jika Bunda ingin beres-beres, Bunda bisa merapihkan tempat kesukaan Bunda di dalam rumah agar hati tetap tenang.

Jelaskan segala hal yang perlu diketahui oleh pasangan

Disaat baru memiliki momongan, Bunda memang harus bisa bekerja sama dengan pasangan Bunda agar segala situasi yang ada didalam rumah maupun hubungan Bunda dengan Ayah tetap terjaga dengan baik. Jika ada hal yang perlu dikerjakan atau dibantu oleh pasangan, jangan sungkan untuk memberitahu. Tujuannya adalah supaya Bunda bisa tetap melakukan pemulihan yang maksimal. Bunda juga bisa mengajari pasangan untuk menyiapkan makanan dalam jumlah yang banyak agar hemat waktu, uang dan tenaga.

Selain dari tiga hal diatas, Bunda juga bisa mempercepat proses pemulihan dengan menjalani pola hidup yang teratur seperti tidak tidur terlalu larut malam, mengkonsumsi makanan yang sehat, menjaga kebersihan seluruh tubuh dan daerah intim, dan harus tetap was-was dengan kesehatan Bunda.

© Copyright IVANSINI 2017. By accessing this website, you agree to this disclaimer.

24/7 CALL CENTER    +62-21 3192 2005