makanan-padat-untuk-bayi-dr-ivan-sini

Bunda bingung kapan harus memulai memberi bayi Bunda makanan padat? Bunda tak perlu lagi khawatir, karena di artikel ini kami akan memberi Bunda berbagai tips menarik seputar memberi makanan padat kepada Bayi Bunda.

Makanan padat untuk bayi memang benar-benar menarik untuk dipelajari lebih lanjut, namun faktanya ada banyak kesalahpahaman yang terkadang dapat membuat kebingungan, misalnya kapan waktu ideal Bunda harus memberi makanan padat kepada sang buah hati. Sebelum mengikuti tips-tips yang telah kami cantumkan dibawah ini, pastikan terlebih dahulu Bunda sudah berdiskusi dengan dokter dan tenaga medis ahli agar bayi Bunda bisa mendapatkan asupan gizi yang seimbang.

Berikut merupakan rekomendasi para ahli mengenai seputar makanan padat untuk bayi Bunda:

Mulai diantara bulan ke-4 dan ke-6.

Kebanyakan pakar gizi bayi setuju bahwa waktu yang benar-benar ideal untuk memulai memberi makan bayi Bunda adalah diantara bulan ke-4 dan ke-6 karena pada umumnya di tahapan ini, seorang bayi sudah memiliki kemampuan untuk menelan dan mencerna makanan padat.

Memang kemampuan setiap bayi untuk memakan makanan padat tidak bisa di generalisir, namun jika sang buah hati sudah bisa mengangkat kepalanya keatas, menunjukan rasa ingin tahu terhadap apa yang Bunda makan dan sudah memiliki berat badan dua kali saat dilahirkan, Bunda bisa pertimbangkan untuk memulai memberi makanan padat kepada si kecil.

Buat sendiri makanan untuk si kecil.

Tidaklah sulit untuk membuat makanan bayi sendiri, Bunda hanya perlu blender makanan yang bisa digunakan untuk memblender buah-buahan dan sayuran. Bunda juga bisa menyimpan banyak waktu dan tenaga dengan memblender satu jenis makanan dalam jumlah banyak yang nantinya akan di simpan di freezer. Bunda bisa memblender lalu membekukan makanan seperti kentang manis, brokoli, kacang-kacangan dan sebagainya lalu dicarikan kembali saat si kecil butuh makan. Namun, ingat untuk tidak menambah garam atau gula ke makanan untuk bayi Bunda dan perhatikan juga makanan yang akan Bunda blender sudah benar-benar dimasak dengan baik dan bersih.

Beri selingan antara ASI, susu formula dan makanan.

Untuk memudahkan mengenalkan bayi Bunda dengan makanan padat, Bunda bisa memberikan ‘makanan baru’ tersebut dengan cara diselingkan. Bunda bisa mencoba untuk memberikan susu formula atau ASI terlebih dahulu, lalu kemudian suapi si kecil setengah sendok makanan padat dan perhatikan reaksinya. Jika si kecil terlihat tidak menyukai makanan tersebut, jangan dipaksa. Bunda bisa mencoba lagi setelah dua atau tiga hari. Dan jangan lupa, setelah memberi makanan padat tersebut, kembali beri si kecil susu formula atau ASI.

3 tips diatas bisa Bunda terapkan untuk memberikan si kecil asupan gizi yang ia butuhkan. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter dan tenaga ahli medis untuk mencegah alergi maupun pantangan. Selamat mencoba!

© Copyright IVANSINI 2017. By accessing this website, you agree to this disclaimer.

24/7 CALL CENTER    +62-21 3192 2005